Senin, 23 Februari 2009

sifat orang yang bertakwa

___________________

* Alif laam miim

* Kitab (Al Qur-an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

* (yaitu) mereka yang beriman kepda yang gaib, mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagianrezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,

* dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur-an) yang diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

* Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Al Qur-an ini bimbingan bagi orang-orang bertakwa, sehingga mereka berbahagia hidup di dunia da di akhirat nanti.

Orang-orang yang bertakwa ialah orang-orang yang memelihara dan yang menjaga dirinya dari azab Allah dengan selalu melaksanakan perintah-perintah Allah SWT dan menghentikan larangan-larangan Beliau.

Di antara tanda-tanda orang bertakwa :

* Beriman kepada yang gaib. Yang gaib ialah sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh pancaindera. Karena kita beriman kepada Allah, maka kita beriman pula kepada firman-firman dan petunjuk-petunjuk Beliau. Termasuk yang gaib, ialah : Allah, Malaikat, hari kiamat, surga, neraka, mahsyar dan sebaginya.
Pangkal iman kepada yang gaib ialalh iman kepada Allah SWT.

* Mendirikan shalat, mengerjakannya sesuai perintah Allah dalam Al Qur-an dan pelaksanannya sesuai contoh dari Nabi Muhammad saw.

* Menafkahkan sebahagian rezki yang telah dianugerahkan Allah. Rezki ialah sesuatu yang dapat diambil manfaatnya. Rezki itu berupa harta. Dan arti menafkahkan sebaghagian rezki ialah memberikan sebahagian rezki atau harta yang telah direzkikan oleh Allah kepada orang-orang yang telah ditentukan oleh agama.

* Beriman kepada Kitab-kitab yang telah diturunkan Allah. yaitu Al Qur-an dan kepada kitab-kitab Taurat, Zabur, Injil dan sahifah-sahifah yang diturunkan (kepada Nabi-nabi sebelum NabiMuhammmad saw).

* Beriman dengan adanya hari akhirat, yaitu akan adanya kehidupan yang kedua setelah hidup di dunia ini berakhir.

Orang-orang yang memmpunyai sifat yang lima di atas adalah orang yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah SWT dan merekalah orang-orang yang merasakan hasil iman dan amal mereka di akhirat nanti. Merekalah yang beruntung. Mereka memperoleh keridaan Allah dan tinggal di surga yang penuh kenikmatan

dinukil dari Al Qur-an dan Tafsirnya, Universitas Islam Indonesia 1995

*********************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar